Filkom Sukses Selenggarakan Semnas

foto_bersama_pemb_seminarFakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu telah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Seminar yang diselenggarakan pada 24 september 2016 ini mengusung tema Kompetensi Lulusan Ilmu Komputer Menghadapi Dunia Kerja Era Globalisasi. Hadir dalam Seminar tersebut pembicara dari Universitas Sriwijaya, Dr. Ermatita, M.Kom didampingi dekan Fakultas Ilmu Komputer Unived dan dimoderatori oleh Dr. Mesterjon, M.Kom. Hadir juga dalam acara pembukaan, Wakil Rektor 1 Universitas Dehasen, Ir. Sigit Mujiharjo, MSAE yang turut memeriahkan acara seminar.

Dalam era globalisasi, terjadi persaingan yang ketat berbasis lintas negara, maka kurikulum yang dikembangkan harus mampu menghasilkan lulusan yang siap berpartisipasi dalam lingkungan kerja internasional. Berkaitan dengan hal itu, di hadapan 300 peserta seminar, Dr. Erma menyampaikan secara gamblang mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari setiap program studi yang menjadi bagian dari ilmu komputer dalam menghadapi persaingan dunia kerja era globalisasi.

Dalam materinya, Dr. Erma juga telah memaparkan pembagian jurusan ilmu komputer yang meliputi, Ilmu Komputer (Computer Science), Sistem Informasi (Information System),  Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering), Sistem Komputer (Computer Engineering), dan Teknik Informatika (Informatics Engineering).

Adaptasi kurikum ilmu komputer di Indonesia mengacu pada pembagian jurusan atau program studi yang meliputi Computer Science untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer, dan Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika. Lebih lanjut dikatakan bahwa semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan “sama”, hanya pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. []

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *